Inilah 9 Makanan Penurun Asam Urat

34

Bagi Anda yang mengalami asam urat tentu tidak bebas mengonsumsi berbagai jenis makanan, khususnya yang mengandung purin. Namun, sudahkah Anda mengetahui dan mengonsumsi makanan penurun asam urat?

Ketika didiagnosis memiliki kandungan asam urat yang tinggi, seseorang disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kandungan purin. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain alkohol, makanan manis, seafood, daging, unggas, dan beberapa jenis sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, dan sebagainya.

Lalu, apa saja makanan yang bisa membantu menurunkan asam urat?

9 Makanan penurun asam urat

1. Minyak zaitun

Minyak satu ini memang dikenal banyak khasiat kesehatan, tak terkecuali untuk penderita asam urat. Kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan kaya akan asam lemak tak jenuh bisa membantu tubuh menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi.

Konsumsilah setiap pagi atau malam saat sebelum tidur dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan.

2. Ceri

Buah satu ini dianggap menjadi makanan penurun asam urat paling favorit karena rasanya yang menyegarkan. Menurut penelitian, ceri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko ‘gout’, gangguan yang terkait dengan kadar asam urat yang tinggi.

Baca juga  Hati-Hati, Gula Tersembunyi di Makanan Kita

Brdasarkan penelitian yang dilakukan pada 633 orang, konsumsi ceri selama 2 hari dikaitkan dengan penurunan 35 persen risiko serangan gout. Ceri memiliki mekanisme anti-inflamasi yang pada akhisnya bisa mengurangi kadar asam urat.

3. Teh hijau

Mengonsumsi green tea atau teh hijau secara rutin diketahui bisa menurunkan asam urat secara berkala. Teh hijau memiliki mekanisme anti-inflamasi yang bisa meredakan hiperurisemia, kondisi kadar asam urat sangat tinggi dalam darah.

Antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya pun bisa membantu mekanisme pengeluaran racun dan zat berbahaya dari tubuh. Dibandingkan mengonsumsi teh manis biasa di pagi hari, sebaiknya Parents bisa mulai menggantinya dengan konsumsi green tea, ya!

4. Air putih

Terlihat sangat sederhana, namun banyak mengonsumsi air putih setiap harinya bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsinya, sekitar 10-12 gelas setiap hari.

Baca juga  Kisah Nyata: Bahaya Keluar Malam Tanpa Gunakan Jaket

Agar mekanisme detoksifikasi dalam tubuh juga berlangsung, biasakan untuk mengonsumsi air putih hangat saat pagi hari sebelum sarapan, dalam kondisi perut kosong.

5. Buah berries

Beberapa jenis buah yang termasuk kelompok berries seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan cranberry sangat baik untuk tubuh, khususnya sebagai makanan penurun asam urat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya sudah tak diragukan lagi, Parents.

Cobalah untuk selalu rutin mengonsumsinya dalam jumlah sedikit namun lebih sering, mulai dari membuat jus dengan minim gula, dikonsumsi langsung, atau dibuat toping untuk dessert.

6. Lemon

Asam dan segar, buah satu ini sudah cukup terbukti menurunkan asam urat juga kadar kolesterol jahat dalam darah yang terlalu tinggi. Kandungan vitamin C-nya mampu melarutkan asam urat yang terdapat dalam darah, lalu mengeluarkannya melalui urin.

Lemon cukup disarankan karena kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Namun bila bosan, Parents juga bisa mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C lainnya seperti kiwi, jeruk, dan sebagainya.

Baca juga  Fakta Singkat tentang Kolestrol

7. Tomat

Kaya akan antioksidan, tomat menjadi makanan penurun asam urat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Tomat memiliki sifat alkali alami, khususnya saat bercampur dalam darah. Sifatnya ini bisa menurunkan kadar asam urat secara berkala.

8. Ikan

Beberapa jenis ikan mulai dari salmon, makarel, dan sarden memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Mengonsumsinya bisa membantu tubuh melawan bakteri, juga mengurangi pembengkakkan dan peradangan.

Jenis ikan ini juga rendah asam lemak jenuh sehingga bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

9. Pisang

Buah ini tentu sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, pisang kaya akan potasium, antioksidan, dan vitamin C. Kandungannya itu membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dalam darah bila dikonsumsi secara rutin.

Nah Parents, masih ragu untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas? Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan pola hidup sehat lainnya mulai dari aktivitas fisik rutin dan minimalkan stres.

Comments

comments