Pogba dan Ronaldo: Halalan Thoyyiban

34

Oleh: Zico Alviandri.

Cristiano Ronaldo top!! Sebagai atlet, dia menyarankan minuman yang lebih baik untuk masyarakat dunia. Gitu dong. Punya banyak penggemar karena skill permainan yang hebat, harus dilengkapi dengan keteladanan dalam hidup sehat.

Ya, seperti dalam video viral yang sudah banyak ditonton orang, Ronaldo menyingkirkan minuman bersoda yang menjadi sponsor Euro 2020 di atas mejanya saat konferensi pers. Lalu ia mengeluarkan minuman mineral dan mengangkatnya ke hadapan para hadirin.
Eh ada juga yang masih inget Ronaldo pernah jadi bintang iklan minuman berenergi produk Indonesia beberapa tahun lalu? Hehehe… Ya udah lah. Masa lalu.

Ronaldo ini memang atlet panuan, eh… panutan. Tak pernah jarum tato menjamah badannya. Sementara atlet lain bangga dengan ukiran di tubuh. Tujuan Ronaldo begitu agar ia bisa rutin berdonor darah. Kita tahu, jarum tato bisa menjadi penular penyakit-penyakit berbahaya.

Baca juga  Kisah Nyata: Pencarian Rahasia Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Mentah

Ronaldo juga memarahi anaknya yang suka minuman bersoda dan makanan yang kurang sehat.

Itu Ronaldo. Sehari kemudian, aksi Pogba tidak kalah keren. Dia menyingkirkan produk minuman bir yang juga sponsor Euro 2020. Malah Pogba meletakkannya di bawah, bukan mengesampingkan seperti yang dilakukan Ronaldo.

Kalau Ronaldo mengampanyekan hidup sehat, Pogba mengampanyekan hidup halal berdasarkan syariat Islam. Setidaknya, ia melakukan itu di depan umum karena keyakinan yang ia anut. Alhamdulillah saat itu tidak ada yang berteriak radikal radikul taliban di ruangan konferensi.

Minuman yang disingkirkan Pogba bukan lagi tidak halal, tapi juga tidak sehat. Memang sudah semestinya.

Btw, mungkin ada yang mengungkit-ungkit kesalahan yang pernah Pogba perbuat yang bertentangan dengan ajaran Islam. Ya maklumlah, manusia tidak ada yang sempurna. Tapi tiap kebaikan apalagi yang bisa datangkan pengaruh kepada orang banyak tetap harus diapresiasi.

Baca juga  Hati-Hati, Gula Tersembunyi di Makanan Kita

Kalau ada atlet dari Indonesia berlaga di Euro (mana bisa begitu), bisa jadi ia juga akan menyingkirkan minuman yang ada di meja sembari mengeluarkan bajigur, bandrek, atau teh talua sambil berteriak, “NKRI HARGA MATIIIII…!”

Nah, pasangan Pogba dan Ronaldo ini bisalah kita bilang pasangan halalan thoyyiban. Kita tahu Islam tak hanya memerintahkan untuk hanya mengonsumsi makanan halal, tapi juga thoyyib. Maksudnya bukan makanan yang tidak pulang-pulang selama 3 kali lebaran, tapi makanan yang baik untuk tubuh.

Universalitas Islam tampak dalam Euro kali ini. Alhamdulillahi ‘alaa ni’matil iman.

Comments

comments