Muhasabah untuk Orang Tua: Pelajaran dari Penusukan Santri Cirebon

91

Oleh: Ellina Supendi

Apa yang anda lihat dari foto ini? Ini adalah foto seorang anak yang sama hanya tumbuh kembang dalam kondisi yang memprihatinkan.

Foto sebelah kanan adalah remaja pelaku penusukan terhadap santri Kuningan yang dibunuh di Cirebon saat sedang menjemput ibundanya. Foto sebelah kiri adalah juga foto pelaku saat masih berusia lebih muda.

Apa yang kita tampak dari foto tersebut. Foto sebelah kiri nampak si pelaku masih memiliki sorot mata anak baik-baik yang terlihat bahagia. Namun apa yang terjadi saat tumbuh kembangnya membuat kita sedih sebab dia menjadi pribadi yang sangat berbeda dan harus membayar mahal atas perbuatannya.

Naluri keibuan saya terusik dengan anak-anak yang memiliki pola asuh yang salah dan mendapatkan pengaruh lingkungan yang buruk. Betapa kita sebagai orang tualah yang menjadikan anak yang awalnya bagai kertas putih polos menjadi kertas buram dan kotor.

Baca juga  Saat Balita Kecanduan Gadget

Betapa kelak kitalah yang akan ditanya di akhirat bagaimana proses pembagian hak dan kewajiban untuk anak sesuai dengan takarannya.

Comments

comments