Ternyata B.J. Habibie Mendonorkan Kornea Matanya

406

Tak banyak yang tahu jika BJ Habibie ternyata telah terdaftar sebagai pendonor mata di Bank Mata Indonesia.

Niatan mulia ini bahkan telah dilakukannya sebelum meninggal dunia, tepatnya pada tahun 2016 silam.

Melansir Grid.id, dari Kompas.com (4/5/2016), fakta ini diungkap Ketua Bank Mata Indonesia Tjahjono Gondhowiardjo dalam acara program ‘Sepuluh Ribu Mata’ oleh Pollux Habibie International pada (3/5/2016).

Tjahjono menuturkan, Ainun Habibie pun juga mendaftarkan diri jadi pendonor mata.

Namun, mengingat riwayat penyakit kanker yang diidap Ainun Habibie, niatan itu urung dilaksanakan.

“Pak Habibie telah terdaftar (pendonor mata). Ibu Ainun dulu juga (terdaftar sebagai pendonor), tetapi karena ibu meninggal kondisinya berat, juga ada faktor kanker, jadi tidak bisa jadi donor saat itu,” ujar Ketua Bank Mata Indonesia Tjahjono Gondhowiardjo dilansir Kompas.com.

Baca juga  Nasehat Bijaksana B.J. Habibie

Terdaftarnya nama BJ Habibie sebagai pendonor mata menjadi bukti kesediaannya untuk memberikan kornea mata jika meninggal dunia nantinya.

Menurut Tjahjono menjadi pendonor mata tidak terbatas usia.

Seperti diketahui BJ Habibie telah menginjak usia kepala 8 saat mendaftar jadi pendonor mata, namun kondisi matanya masih sehat.

Mereka yang masih muda belum tentu matanya lebih sehat dari mereka usia tua.

“Ada pasien yang dioperasi saat usia 40 tahun. Dia mendapat donor dari orang berusia 80 tahun. Sekarang, orang yang dioperasi itu sudah berusia 80 tahun juga. Bayangkan, pada matanya ada kornea hidup 120 tahun,” jelas Tjahjono.

Lebih lanjut, pihak Bank Mata tidak mengambil satu bola mata utuh dari pendonor, melainkan hanya bagian korneanya saja.

Baca juga  Klarifikasi: Ternyata Tulisan Viral Itu Bukan dari Pak Habibie

Tjahjono berharap banyak orang mengikuti langkah Habibie dan Ainun ini mengingat sangat banyak masyarakat Indonesia masih yang mengantre mendapat donor mata.

Selain itu, tak banyak juga yang tahu jika BJ Habibie mempunyai nenek yang berprofesi sebagai dokter mata di Jogjakarta.

Melansir Tribun Timur.com, BJ Habibie merupakan anak keempat dari 9 bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo.

RA Tuti Marini Puspowardojo merupakan anak seorang dokter spesialis mata di Jogjakarta, dan ayahnya yang bernama Puspowardjojo pemilik sekolah di sana.

Sedangkan marga Habibie dicatat secara historis berasal dari wilayah Kabila, sebuah daerah di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.(*)

Comments

comments