Kisah Nyata: Sang Tukang Ledeng yang Jadi General Manager di Mercedes Benz

339

Christopher L. Jr. mungkin nama yang cukup asing untuk kita dibanding nama – nama seperti Bill Gates atau Steve Jobs. Namun kisahnya cukup menarik untuk kita simak dan pelajari, bagaimana kisahnya ini bisa mengubah cara pandang kita mengenai pelayanan dalam usaha kita.

Suatu ketika Mr.Benz – sebut saja, membutuhkan tukang ledeng untuk memperbaiki kran dirumahnya karena bocor. Si pemilik perusahaan otomotif legendaris Mercedes Benz ini mencoba menghubungi rekannya untuk menanyakan apakah dia punya atau pernah memakai jasa tukang ledeng sebelumnya. Kebetulan temannya ini pernah menggunakan jasa Chris dan merekomendasikannya kepada Mr. Benz. Tak menunggu waktu lama, Mr.Benz langsung menelepon Chris, tentu saja mereka tidak saling mengenal kala itu.

Benz menjelaskan masalahnya dan meminta Chris untuk membantu memperbaiki saluran ledengnya secepatnya. Namun kebetulan saat itu Chris sedang penuh pekerjaan yang harus diselesaikan dan meminta Benz bersabar untuk menunggu sekitar 2 hari lagi. Satu hari kemudian, Christopher menelepon Benz dan mengucapkan terima kasih karena telah bersedia menunggu selama 2 hari. Chris tidak tahu sedang berbicara dengan siapa dan Benz, Pemilik perusahaan otomotif terbesar di Jerman ini sangat kagum dengan cara Chris melayani meskipun dia tidak tahu bahwa dia sedang diminta oleh “Bos Besar” Mercy.

Keesokan harinya Chris pun datang seperti yang dijanjikan. Masalah ledeng pun selesai, tapi ceritanya tidak sampai disitu. Setelah membereskan pekerjaannya, Chris pun pamit dan meminta kepada Benz untuk menghubunginya lagi jika ledengnya bermasalah lagi. Sampai disitu pun dia masih tidak tahu bahwa Benz adalah bos mercy. Dua minggu kemudian, tidak disangka oleh Benz, Chris meneleponnya dan menanyakan kepada Benz apakah ledengnya sudah benar-benar baik dan tidak bermasalah lagi. Benz pun terkejut dan terkagum. Bagaimana mungkin seorang pekerja sekelas tukang ledeng bisa begitu memperhatikan konsumennya, bahkan kepada konsumen yang tidak ia ketahui status dan nama besarnya. Dalam benaknya, Ini yang ia cari untuk perusahaannya, pelayanan total dan tanggung jawab yang besar.

Berkat Pelayanan dan tanggung jawabnya, Chris dipekerjakan oleh Benz di perusahaannya. Sebagai apa? tentu saja bukan sebagai tukang ledeng di Mercy. Dia diangkat sebagai General Manager Public Relation and Satisfaction Consumer di Mercedes Benz. Kisah yang luar biasa dari seorang pekerja sederhana, namun menjunjung tinggi nilai tanggung jawab besar. Bagaimana dengan Anda?

Sumber: brilliantcoachindonesia.com

BAGIKAN