Potensi Durian Bengkulu Mampu Go-International

Oke bloging kedua kali ini, saya akan kembali membahas tentang kota Bengkulu. Hehehee ga bosen2nya ngebahas kota ini, maklum saya lagi homesick 😀

Dari judul diatas, saya akan membahas tentang buah yang super enaaak, yaitu durian, hehehe. Bengkulu selain dikenal dengan pantainya yang panjaaaaang dan memiliki bunga Raflessia yang super gedeee, tidak dipungkiri lagi kalo Bengkulu salah satu surga bagi penikmat buah berduri ini “Durian” karena di sini duriannya bermutu dan hmmm murah banget, #promosi hahaha.

Buah durian ini, memang buah yang musiman, ya kalo emang lagi musim gampang banget buat nyari buah ini, mungkin disetiap pelosok pun ada, harganya pun bervariasi mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 30.000 per buah tergantung ukuran, murah bukan ? Kalo dibanding dengan durian made in thailand, hmm durian lokal asli Bengkulu ini lebih nikmat.

hmmm nikmat

durian bengkulu

pedagang durian menanti konsumen

Oke out of the box, di sini saya mempunyai ide dari musim durian ini. Bagi saya musim durian ini, bisa dijadikan salah satu objek wisata kuliner ya tidak hanya bagi wisatawan domestik melainkan internasional juga nantinya. Dilihat dari kualitas buah durian yang bagus, kuantitas durian yang melimpah serta harganya yang murah, bagaimana kalo di Bengkulu itu diadakan festival “makan duren” ya sejenis pesta rakyat gitulah. Jadi konsep acara ini, setiap musim duren tiba, pemda bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Bengkulu mengadakan festival kuliner berbahan baku durian mulai dari buah sampe ke bijinya bisa diolah,seperti lempuk (dodol durian) kolak durian, kripik biji durian, tempuyak / tempoyak (durian yg diasemkan dimasak pake sambel biasanya dicampur ikan atau udang) dan masih banyak lagi. Saya yakin durian ini bisa diolah menjadi kuliner yang hmmm enak, kan sekarang lagi zaman2nya nih acara masak2 ala chef itu, ya mungkin bisa didatangkan sebagai bintang tamu.

Selain kuliner, mungkin ada perlombaan belah duren, eitttt ini belah duren beneran, bukan belah duren kaya lagu dangdut itu, hehehe. Mungkin festival tersebut akan melengkapi wisata kuliner jadi tambah meriah, jadi musim durian bukan sekedar musim durian tapi ada nilai jual yang lebih dari musim durian ini, dan tentunya bagaimana kalo acara tersebut diadakan di kawasan pantai panjang ? hmm tentunya asik bukan apalagi kalo diadakan juga festival layang2, pasti pengunjungnya rame deh. Tentunya itu semua hanya ekspektasi jika Pemda tidak mampu melihat peluang ini. Saya yakin jika ini terealisasi dan promosi yang dilakukan tepat, maka Bengkulu pun akan terkenal dengan sebutan “Bengkulu surganya penikmat buah durian” aminnnnnnn……. 🙂 #visitbengkulu

SUMBERkribooboy.wordpress.com
BAGIKAN