Meneruskan Studi dengan Beasiswa LPDP? Siapa Takut..

301

Berikut ini adalah ringkasan sosialisasi BEASISWA LPDP yang disampaikan oleh Bapak Eko Prasetyo (Dirut LPDP) 2016.

1. Dana yg dikelola LPDP berjumlah 15,6 T, dan ada tambahan 5 T untuk tahun 2016 sehingga keseluruhan menjadi 20,6 T.

2. Hal yang belum banyak diketahui orang, bahwa LPDP bukan hanya mengelola dana untuk beasiswa, namun juga mengelola dana untuk investasi, dana bantuan riset, dan reward.

3. Khusus untuk beasiswa LPDP, pendaftaran dibuka sepanjang tahun dengan periode seleksi tiap bln Feb, Mei, Agust, Nov.

4. Kuota tiap tahun 5000 org (total beasiswa DN dan LN)

5. Seleksi Beasiswa LPDP: seleksi administratif dan substantif.

6. Seleksi administratif: max usia pendaftar untuk S2: 35 th, dan untuk S3: 40 th (ada wacana untuk ditambahkan batas atas umurnya untuk lebih memberi kesempatan angkatan “tua” yg masih semangat kuliah untuk dpt beasiswa mengingat masa pensiun PNS dan Guru Besar menurut aturan terbaru juga mundur, 58th untuk PNS dan 78 th untuk Gubes)

7. Seleksi administratif: harus punya Unconditional LOA atau jika tidak punya bisa diganti syarat: IPK 3,00 untuk pelamar S2 dan 3,25 untuk pelamar S3 dan Toefl ITP 500/ iBT 61/ IELTS 6,0 (DN), ITP 550/iBT 79/IELTS 6,5 (LN)

8. Seleksi substantif, terbagi 3 yakni interview, group discussion, dan menulis Essai.

9. Tentang Interview, dalam bahasa Inggris jika pelamar ingin ke LN atau bahasa Indonesia jika di DN, yang dinilai mencakup aspek (moral, intelektual, nationality, social awarness, strong personality), penting dicatet, mahasiswa tipe KUPU-KUPU (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang) tidak masuk tipe ideal yg diinginkan LPDP, jadi beruntunglah kita semua yang aktivis punya nilai plus.

10. Tentang Group Discussion, aspek yang dinilai yakni kemampuan komunikasi verbal dalam English jika ingin ke LN dan bahasa Indonesia jika tujuannya kampus DN, 1 grup 8-10 org, membahas tema-tema tertentu yang sedang uptodate terkait kondisi bangsa (so kita g boleh kudet atau mlh apatis dg kondisi bangsa, rajin baca koran atau liat berita ya, jgn liat uttaran, anak jalanan atau drama korea aja)

11. Tentang Essai, aspek yg dinilai kemampuan komunikasi secara tertulis, in english (LN) atau Indo (DN). Temanya sama tentang kondisi terkini bangsa.

12. Bidang keilmuan prioritas terbagi 3:
a. Prioritas 1 (passing grade 70): teknik, sains, pertanian, kesehatan, hukum dan pendidikan
b. Prioritas 2 (passing grade 75): accounting/finance, ekonomi, agama
c. Prioritas 3 (passing grade 80): social, culture/linguistik, dll

13. Jika diterima beasiswa LPDP, sebelum berangkat akan ada pembekalan terkait kiat-kiat bisa survive di kampus tujuan kelak (DN or LN)

14. Beasiswa LPDP mencakup keseluruhan biaya (full shcolarship) selama study termasuk tunjangan keluarga (maksimal 2 orang anggota keluarga)

15. Jika berhasil diterima di top 20 universitas dunia, akan ada insentif sebesar 50 juta (Master) dan 100 juta (Ph.D) selain beasiswa LPDP.

16. Beasiswa untuk membiayai 1 orang master di LN sampai lulus sekitar 1 M

17. Alumni LPDP sekembalinya dari masa study harus membayar “hutang” ke negara/rakyat dengan berkontribusi lewat program-program alumni LPDP.

18. LPDP juga mengalokasikan beasiswa afirmasi (dengan kondisi khusus) yang besarnya 30% dari kuota, yakni untuk kondisi sebagai berikut:
a. Daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan), atau dengan kata lain daerah-daerah “minus”
b. Untuk ekonomi lemah namun secara intelektual kuat
c. Penerima beasiswa lain namun dibawah kelayakan (misal cm bebas SPP, dll), bisa mengajukan beasiswa ke LPDP.

19. LPDP juga menyediakan dana bantuan untuk thesis dan disertasi. Tips saat interview: kuasai thesis/disertasi kita, manfaat thesis/disertasi kita apa buat bangsa, dan RAB (rencana anggaran biaya) yang akuntabel.

20. LPDP juga menyediakan dana riset, tiap pengusul minimal 3 orang dengan ketua pengusul harus bergelar Ph.D.

21. LPDP juga memberi reward jika kita punya publikasi jurnal internasional terindeks scopus cukup dengan Impact Factor 0,1 senilai 50jt/jurnal (bayangkan kalau kita punya 10 jurnal)

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

BAGIKAN