IPB Hadirkan Jalur Khusus untuk Calon Mahasiswa Hafizh Al-Qur’an

Anda seorang penghapal (hafizh) Al-Qur’an? Kalau begitu, Anda berpeluang untuk diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur khusus.

Kini makin banyak PTN di Indonesia yang menyediakan jalur tol untuk para penghapal Alquran.  Salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

Siaran pers IPB yang diterima Republika.co.id, Rabu (5/4) menyebutkan, IPB memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018 yang memiliki kemampuan menghapal Alquran atau hafizh  Alquran. “Secara khusus IPB menerima hafizh  Alquran melalui Jalur Seleksi Prestasi Internasional dan Nasional (PIN),” ujar Rektor IPB, Prof  Dr  Herry Suhardiyanto di Kampus IPB Darmaga Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/4).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof Dr Yonny Koesmaryono menambahkan,  calon pendaftar harus mengikuti prosedur dan tatacara seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berlaku di IPB.

Melalu Jalur Seleksi PIN, bagi calon mahasiswa yang telah hapal 30 juz akan diapresiasi dengan  nilai tambahan setara prestasi olimpiade tingkat internasional. Sementara  bagi hafizh  minimal 15 juz sampai 29 juz akan diapresiasi setara dengan prestasi olimpiade tingkat nasional.

“Calon mahasiswa yang melamar melalui  jalur ini harus menunjukkan bukti yang sah sebagai hafizh  dari lembaga terpercaya dan bersedia diverifikasi hapalannya. Program ini berlaku untuk semua program studi,” terang Prof Yonny.

Jalur PIN IPB sudah diselenggarakan sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.  Pada tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur PIN seperti yang dikenal saat ini. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstrakurikuler,  termasuk di dalamnya adalah hafizh  Alquran, untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal.

SUMBERrepublika.co.id
BAGIKAN