Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Hindari Aksi Bullying

58

Seperti yang dilansir Tribunnews, sejalan dengan Hari Internet Aman se-dunia yang diperingati pada 5 Februari, sosial media Instagram menyambut dengan mengajak para penggunanya untuk bijaksana dalam menggunakan aplikasi tersebut. Termasuk perihal perundungan maupun bullying yang akhir ini marak terjadi.

Tak hanya kalangan anak yang melakukan tindakan bullying melalui sosmed, bahkan dewasa dan orang tua justru tanpa sadar melakukan hal yang sama dan memberi contoh bagi pengguna usia di bawahnya.

“Tema global yang diangkat pada Hari Internet Aman tahun ini adalah “Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik”. Instagram menyambut baik dan sangat mendukung tema tersebut. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat dalam memperingati Hari Internet Aman dengan memastikan setiap pengguna kami mengetahui berbagai fitur keamanan Instagram untuk melindungi dirinya dan pengguna lain,” tulis perwakilan Instagram kepada TribunJogja.com.

Baca juga  Aduan Konten Pornografi, Akhirnya Tumblr Diblokir

Karenanya, untuk melindungi penggunanya dari tindakan tersebut, lewat informasi tertulis yang diberikan kepada TribunJogja.com belum lama ini, Instagram telah memberikan fitur yang aman bagi penggunanya untuk melindungi dari tindakan perundungan.

“Instagram tidak memperbolehkan adanya konten perundungan dan pelecehan. Jika Anda tidak mau berinteraksi dengan sebuah akun tertentu, Anda dapat memblokir akun tersebut, sehingga mereka tidak dapat melihat profil Anda atau membuat komentar di postingan Anda. Saat Anda memblokir sebuah akun, mereka tidak akan mendapat notifikasi apapun dan Anda dapat berhenti memblokir mereka kapan saja,” tulisnya.

Pengguna juga dapat mengendalikan komentar di postingan pengguna serta dapat mengatur agar orang lain tidak dapat meninggalkan komentar di postingan tersebut. Selain itu, Instagram juga menyediakan filter yang dapat secara otomatis menyembunyikan komentar ofensif dipostingan pengguna.

Baca juga  Selamat Datang Krisis 2018

Filter ini diaktifkan secara default untuk komunitas global Instagram dan dapat dinonaktifkan di bagian pusat Kontrol Komentar yang ada di dalam aplikasi Instagram.

“Anda juga dapat meningkatkan kemampuan filter ini dengan memanfaatkan filter manual kami yang memungkinkan Anda membuat daftar kata atau frasa ofensif versi Anda sendiri,” jelasnya.

Dan terakhir, pengguna bisa memilih siapa saja orang yang dapat berkomentar di postingan pengguna atau bahkan memblokir komentar dari orang tertentu.

“Untuk mengakses fitur-fitur di atas, kunjungi Pengaturan dan pilih “Kontrol Komentar”,” tutupnya.