Inilah Cermin Pintar Android Besutan Google

4141

Salah satu insinyur Google berhasil membuat cermin cerdas. Cermin yang bisa dihubungkan dengan sistem operasi Android.

Penemu itu berama Max Braun. Ia menciptakan cermin pintar dengan Amazon Fire TV Stick yang menggunakan sistem operasi Android. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Google Now, sehingga dapat menampilkan informasi cuaca dan RSS feed.

“Nampaknya tidak ada orang yang menjual produk yang sedang saya cari. Komponen yang dibutuhkan untuk menciptakan cermin pintar cukup mudah untuk didapatkan. Sejumlah orang telah membuatnya sendiri dengan konsep yang sama. Namun saya punya ide yang berbeda,” Max Braun.

Untuk menciptakan cermin pintar, Braun memesan sejumlah komponen yang dibutuhkan melalui toko online seperti Amazon dan Ebay.

“Saya memesan sendiri sebuah cermin dua arah, panel display serta controller board, dan beberapa komponen lainnya,” katanya, dikutip dari tulisannya di Medium.

Braun mengatakan bahwa pada dasarnya antarmuka dari cermin tersebut adalah semua yang ada pada Google Now card. Namun tidak semua teks dan ikon yang ada ditampilkan dengan warna.

“Sebagian besar teks dan ikon akan berwarna monokrom, kecuali saat cuaca mendung. Akan ada sedikit warna pada user interface. Ini dilakukan agar pengguna tidak terganggu,” kata Braun.

Dengan memanfaatkan fitur pencarian suara yang ada pada aplikasi mobile Google, Braun pun dapat mengendalikan dan melakukan navigasi hanya dengan suara. Tata letak dan antarmuka pun dapat diubah tanpa perlu sentuhan tangan, cukup dengan tatapan mata saja.

Dengan menggunakan API Android yang sederhana, cermin cerdas ini dapat menampilkan banyak Google Now card yang akan diperbarui secara otomatis sepanjang hari.

Comments

comments