Inilah 5 Fakta Mencengangkan tentang Otak Manusia

349

Ada sebuah organ berkerut-kerut dengan berat sekitar 1,3 kg di dalam kepala kita dan mengontrol tiap hal yang kita lakukan. Organ ini membuat kita dapat berpikir, belajar, berkarya, merasakan emosi, mengontrol tiap kedipan, bernafas dan jantung kita berdetak. Organ menakjubkan ini adalah otak! Seorang ilmuwan terkenal, James D. Watson pernah menyebut bahwa otak merupakan “hal paling kompleks yang pernah kita temukan di alam semesta”!

Simak beberapa 5 fakta mencengangkan tentang otak kita:

Otak kita lebih cepat dan lebih hebat daripada superkomputer!

Kucing peliharaan anda berada di dapur, ia nyaris menginjak panci panas. Anda hanya punya waktu beberapa detik untuk bertindak. Dengan mengakses sinyal dari mata, otak anda dengan cepat mengkalkulasi kapan, di mana dan seberapa cepat anda harus melompat untuk menghentikannya. Kemudian otak memerintahkan otot-otot tubuh anda untuk bertindak. Pemilihan waktu anda tepat, dan kucing selamat! Tidak ada komputer yang mendekati kemampuan mencengangkan otak anda untuk menyerap, memproses dan menerjemahkan dalam tindakan informasi yang datang melalui mata, telinga dan panca indera lain.

Otak menghasilkan listrik yang cukup untuk menghidupkan bola lampu

Otak manusia mengandung sekitar 100 milyar sel mikroskopis yang disebut neuron. Ada sangat baanyaaak neuron di otak sehingga mungkin butuh waktu ribuan tahun bagi kita jika menghitung semuanya. Kapan pun kita bermimpi, tertawa, berpikir, melihat, bergerak, bernafas, dll, sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui milyaran jalur kecil neuron.

Otak kita tak pernah berhenti bekerja. Membuat dan mengirimkan berbagai pesan yang tak terhitung ke seluruh jaringan tubuh tiap detiknya. Neuron otak kita membuat dan mengirimkan pesan lebih banyak daripada pesan yang dikirim seluruh ponsel genggam di seluruh dunia. Meskipun satu neuron hanya menghasilkan sedikit daya listrik, namun jika seluruh neuron otak kita digabungkan, akan dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu ber-watt rendah. Bayangkan!

Kecepatan neuron mengirimkan informasi ke otak lebih dari 240 km/jam!

Seekor lalat hingap di tangan anda. Wuuussshhh… neuron sensorik di kulit anda akan meneruskan informasi ini ke sumsum tulang belakang dan otak dengan kecepatan lebih dari 240 km/jam. Otak kemudian mengirimkan neuron motorik untuk mengirimkan pesan kembali melalui sumsum tulang belakang ke tangan anda—untuk menggoyangkan tangan agar lalat terbang. Neuron motorik dapat menyampaikan pesan lebih dari 320 km/jam. Wow!

Ketika kita belajar hal baru, struktur otak berubah

Mengendarai sepeda awalnya tampak mustahil, tapi tak lama kita pun bisa menguasainya. Bagaimana bisa? Ketika kita berlatih, otak mengirim pesan “mengendarai sepeda” sepanjang jalur neuron berulang kali, membentuk hubungan neuron baru. Faktanya, struktur otak kita berubah setiap kali mempelajari sesuatu, sama seperti ketika kita mengingat hal baru. Itulah sebabnya otak bisa cerdas.

Olahraga membantu anda menjadi lebih cerdas

Sudah lama diketahui bahwa olahraga dapat membuat jantung berdetak lebih kencang. Olahraga—seperti berlari atau permainan olahraga, bagus untuk tubuh dan untuk meningkatkan mood. Baru-baru ini, para ilmuwan telah mengetahui bahwa selama beberapa waktu setelah berolahraga, tubuh kita memproduksi zat kimia yang membuat otak kita semakin siap untuk belajar. Menyempatkan untuk berolahraga setiap hari membuat kita akan lebih siap menyelesaikan tugas-tugas.

(Lutfi Fauziah/Sumber: www.ngkids.co.uk)

SUMBERnationalgeographic.co.id
BAGIKAN