Asteroid Berdiameter 30 Meter akan Melintasi Bumi

240

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa pada 5 Maret 2016, akan ada asteroid yang akan melintas begitu dekat dengan Bumi. Tapi tenang, asteroid ini tidak mengancam Bumi.

Asteroid bernama 2013 TX68  ini sebetulnya sudah dilihat oleh NASA sejak dua tahun yang lalu, dan jaraknya terus mendekat ke lintasan Bumi. Benda langit ini sendiri mempunyai besar seluas 30 meter.

Pada 5 Maret 2016 nanti, asteroid 2013 TX68 tersebut, akan berjarak 9 juta mil atau 14 juta kilometer. Begitu dekat, karena batas aman antara asteroid dengan Bumi sejauh 11 juta kilometer. Demikian yang dikutip dari Cnet.

“Kemungkinan akan terjadinya tabrakan di tanggal tersebut terlalu kecil untuk menjadi kekhawatiran nyata,” ujar Manajer Pusat Studi NASA, Paul Chodas.

Di sisi lain, banyak pakar astronomi memprediksi bila asteroid 2013 TX68 akan berada pada lintasan yang sangat dekat dengan Bumi tanggal 28 September 2017. Peluang terjadinya hal ini adalah 1 dibanding 250 juta.

Bahkan jika 2013 TX68 menabrak Bumi pu, mungkin tidak akan menjadi peristiwa kepunahan besar-besaran.

Baca juga  Yang Melesat dan Yang Tertinggal

Mungkin ancaman yang lebih nyata adalah asteroid tersebut bisa memukul satelit di orbit, sebagai rentang yang diproyeksikan bisa membawa lebih dekat ke Bumi daripada banyak di orbit geosynchronous.

SUMBERcnnindonesia.com
BAGIKAN