Tertinggi di Dunia: “Generasi Z” Indonesia Anggap Agama Paling Penting

206
Kabar menggembirakan dirilis oleh KataData tentang kecenderungan Generasi Z dalam memposisikan agama dan relijiusitasnya terhadap tingkat kebahagiaan. Generasi Z atau anak muda berusia 18-21 tahun adalah mereka yang lahir dan besar di era digital.

Komitmen terhadap agama ternyata menjadi salah satu faktor penentu kebahagiaan “Generasi Z”. Ini terungkap dari survei yang dilakukan Varkey Foundation pada 2017 di 20 negara. Dari survei tersebut, ternyata anak-anak muda Indonesia (93%) yang paling banyak menganggap komitmen terhadap agama sangat penting dalam mempengaruhi kondisi kebahagiaan mereka.

Generasi Z atau anak muda berusia 18-21 tahun adalah mereka yang lahir dan besar di era digital. Generasi ini tumbuh bersamaan dengan maraknya penggunaan media sosial yang menghilangkan jarak antarnegara. Dalam survei tersebut diketahui pula, faktor keluarga, pertemanan, hingga waktu luang untuk berekreasi turut mempengaruhi kebahagiaan Generasi Z. Kendati demikian, mereka dinilai masih memiliki toleransi yang tinggi, terutama dalam memilih teman.