Menolong Diri Sendiri

76

Terkadang Allah kirim oranglain untuk mengingatkan diri kita dalam kehidupan ini. Ada orang datang dan meminta bantuan kita dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapinya.

Mungkin pernah kita berfikir bahwa masalah yang sedang kita hadapi saja jauh lebih berat dibandingkan masalah yang sedang dia hadapi. “Maaf ya, saya juga sedang ada masalah yang sama, jadi mohon maaf belum bisa membantu masalah yang sedang anda hadapi saat ini”

Setelah itu kita berusaha sekuat dan semaksimal mungkin berdo’a agar Allah menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi, namun masalah kitapun tak kunjung terselesaikan.

Inilah ketika kita mengikuti egoisme diri kita, bahwa seolah-olah kita mampu menyelesaikan masalah kita, padahal Allah kirim orang lain agar kita bantu menyelesaikan masalahnya itulah cara Allah menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

Nabi Muhammad dalam sabdanya mengingatkan kita dan perlu kita hayati dalam kehidupan ini :
Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan oranglain, pasti Allah akan mudahkan urusannya didunia dan akherat (HR. Muslim)

Kadang dikarenakan kita lebih mendahulukan dan mempercayai kekuatan diri sendiri dan lupa bahwa kita berada dalam genggaman Allah. Kesulitan dalam kehidupan kita itu bisa jadi kitalah yang mengundangnya, kitalah yang mempersempitnya. Maka mari kita undang kemudahan, kasih sayang, kelapangan urusan, cinta dan pertolongan Allah dengan memberikan pertolongan kepada Oranglain yang membutuhkan pertolongan kita.

Barangsiapa ingin agar doanya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan. (HR. Ahmad)

Inilah hakekat Persaudaraan dlm Islam, kita bantu oranglain, pasti Allah akan membantu kita.

Wahono
Kampung Tipar, 10 Agustus 2017

BAGIKAN

LEAVE A REPLY