Karena Dunia itu Luas

83

Lama berdakwah di Makkah, ternyata tidak cukup banyak yang menyambut seruan Rasulullah SAW. Sampai akhirnya, tibalah tawaran perlindungan dan dukungan dari qabilah Aus dan Khazraj di Madinah. Sejarah membuktikan, dari Madinah lah kesuksesan besar itu dicapai. Hingga akhirnya berhasil menaklukkan kota Makkah dan menyebarkan Islam hingga ke seluruh dunia.

Terpojok karena menghancurkan sebuah geng narkoba di Hong Kong, akhirnya Bruce Lee memilih pergi ke Amerika. Meski awalnya hanya menjadi tukang masak, namun jalan kesuksesan akhirnya terhampar di hadapannya. Kuliah di universitas, menciptakan aliran silat Jeet Kune Do, menjadi bintang film terkenal dll. Berawal dari imigran, Bruce Lee menjelma menjadi orang China yang paling dipuja oleh Amerika.

Ada orang yang bisa meraih kesuksesan di tanah kelahirannya. Bakat dan kemampuannya tersalurkan, dengan lingkungan dan jaringan yang mendukungnya. Namun, tidak semua orang bisa meraih impian tersebut. Kadang, mereka harus mencari tempat di mana bakat dan kemampuannya bisa tersalurkan dengan baik. Karena kayu jati sekalipun hanya akan jadi barang murah jika teronggok dan didiamkan begitu saja.

Tentu saja tidak ada jaminan bahwa di sana pun akan sukses. Kisah tragis dan pilu di tanah perantauan juga menjamur. Yang ada hanya kesempatan, yang layak untuk diyakini dan diperjuangkan. Pergi merantau bukan berarti meninggalkan medan juang. Mungkin, justru dari sanalah perjuangan bisa dilanjutkan dengan semangat baru dan cara yang berbeda.

Wallahu a’lam.

Eko Jun

BAGIKAN

LEAVE A REPLY